Blogger Widgets

DewaCakrabuana

"... demi Bung Karno, Jembrana, dan Rock n Roll!"

Mari Berlayar (lagi) Bersama Sheila on 7

SO7 akan tour keliling dunia dengan perahu layar???
SO7 mengadakan jalan-jalan pesiar dengan sheilaganknya yang paling setia??? atau...
SO7 tak tahan lagi semua albumnya dikacangi pemirsa (yang lebih memilih SM*SH dan wali) dan memilih kabur dari Indonesia, dan memilih menjadi pelaut???

Salah...  
salah besar... ini saya bold.
kali ini saya capslock: SALAH BESAR!!!

Sheila on 7, il fenomeno musik Indonesia itu kembali ke hadirat kita semua, para pecinta musik, dengan bendera perang baru: BERLAYAR titelnya.

Hmm.... kenapa albumnya bertajuk berlayar? Seru kah? Atau seperti biasa, kehilangan taji lamanya?
Guys, kali ini album ini istimewa.... untuk anda, untuk saya, untuk setiap orang yang merasa bahwa Sheila bukanlah sekedar band, tapi juga bagian dari proses tumbuh kembang dalam perjalanan hidup kita semua :D .
sampul albumnya

Mengapa berlayar?
Benar. Kenapa bukan "berlari", "bertahan", atau sekalian saja "bermusik" agar sesuai dengan pekerjaan mereka?
let me tell you all.... berdasarkan kata personil Sheila sendiri:


Berlayar berarti menempuh laut...
Laut itu kadang cerah, sering bergelombang, sering pula ada badai...
Tapi, itulah berlayar, semua kru kapal harus kuat...
... dan saling bekerja sama.
Karena, kapal ini adalah rumah mereka...
Rumah yang akan menemani perjuangan mengarungi "lautan" hidup seorang Sheila...

Jadi, album ini ditelingaku terasa seperti mengintip buku harian gadis remaja. Yah benar; buku harian! Tiap lagu di album ini adalah curahan hati sang remaja yang lelah. Kadang ia memang ceria, tapi kebanyakan ia merasakan sifat aslinya: sedih dan ingin menguatkan diri. Tapi itu tentu pendapat pribadi telinga dan hatiku. Entah pendapat anda...

"seni kristik. Klasik!"
Album ARTwork...
Entah mereka dapat ide dari mana membuat album ini bergaya "kristik". Anda tau kristik? Kristik itu sulaman jadul pada semacam jaring dengan benang woll yang membuat gambar menjadi blok-blok berwarna. Macam pixel game komputer lawas! Tapi yang pasti efeknya pada album ini aku rasakan. Sensasi artwork album yang klasik, terasa akrab, seolah bertemu kembali dengan teman lama! Dan hebatnya, teman lama itu masih hangat, seperti dulu...


Lagunya...
Terdiri dari sepuluh track. Inilah beberapa lagunya, dari sudut pandang dengar dan sudut rasa ku.
=========================================================================
***memainkan album "Berlayar" di iTunes***
tidak lupa memakai headset
=========================================================================

Have fun!
Lagu pertama. Lagu ini ingin menjadi liar, tapi dibuat tidak seliar lagu-lagi di album pejantan. Karena aku gitaris, yah terasa Sheila bermain-main dengan chord reff di lagu ini, khas progressi chord di lagu-lagu album pejantan tangguh. Lagu ini adalah teriakan Sheila yang lelah harus memenuhi kewajiban (pada keluarga) mungkin.  
Kejar mimpi niatkan hati, 
karena dompet ini harus diisi... 
tapi malam ini ku akan pergi... 
AKU INGIN HAVE FUN!!! 
Semangat, beatnya seru, apalagi ada semacam suara kendang tersembunyi. Hahaha... fresh...


Pasti ku bisa...
Lagu ini dipakai di film (?), pada endingnya. Lagu sedih, balada, tapi positif. Yeah.. dadaku bergetar mendengar syair pertamanya. Frustasi, sedih, dan putus asa. Tapi disambung reff positif,  
"pasti ku bisa..."
Musiknya terasa kental nuansa Eross menari disini. Blues man!!! Brian juga sepertinya tak malu-malu lagi, berani memakai pattern drum mendadak upbeat, khas lagu "Seize the Day" by Avenged Sevenfold. Listen this song, and you will know what does it means...

Hujan turun...
Inilah lagu pertama yang membuatku terperangah di album ini. Sheila on 7 is back! Lagu ini mengantarku kembali ke masa SD yang ceria dan lepas, tapi anehnya lagu ini menyiratkan sedikit nuansa getirnya. Mereka mengubah air mata menjadi "hujan yang turun hebat di sudut mata".... meski ada air mata, tetap 'kan ku coba bertahan, kata SO7
Bagian yang paling kusuka (selain lirik, tentunya) adalah denting sederhana piano di reffnya. Sederhana dan sedikit sekali, tapi porsinya pas... Dipadukan sensasi khas chord Em-Bm yang selalu muncul di lagu-lagu sendu kelas dunia...
Lima bintang untuk lagu ini.... 


Hari bersamanya...
Catchy! Dan Sheila pun merasa begitu, sampai inilah lagu pertama yang dibuatkan klip. Anda boleh menganggap ini lagu tentang anak yang ingin didekatkan dengan kekasihnya. Tapi setelah mendalami reffnya, ini adalah doa dari sebuah band yang tak ingin mengecewakan fansnya (lagi). Tolong Tuhan, untuk skali ini saja... lancarkanlah hariku, hari bersama fans-fans pendukungku...


Bait pertama!
Ini lagu nakal! Rasa berandalan Inggris britrock ala Oasis yang slengean dimana hook-nya selalu membuatmu mulas. Lagu ini punya hal itu, intro liar, reffrain yang heroik. Bayangkan Duta berjalan gontai (yang penuh kekecewaan hidup) dengan diiringi gitar akustik renyah yang mendayu. Setelah tiba di tepi tebing  (reff lagu) ia berteriak, "BERJALAAAN....... HIDUPKU TANPAMU!!!!"
... dan ia berteriak sambil menutup mata. Cadas!
Hanya itu? Belum. Dengarkan melody dari Erros ditengah. Melody elektrik berpadu dengan iringan melody akustik. Indah, mengawang, sederhana tapi dalam. Ini yang membuatku sedikit bingung, bagaimana mereka membawakannya dengan satu gitaris pada sebuah konser live?


Hari bersamanya akustik
Bagus, aku suka denting pianonya pada reffnya dengan pukulan satu-satu nada. Sangat akustik... Aku ketagihan mendengarnya.
* * *

Tentu ada lagu-lagu lainnya disini. Memang awalnya ditak langsung nyantol di telinga tapi coba dengar terus dan biarkan mereka masuk ke pikiran anda. Terasa, Sheila sedang berusaha keras, dan aku pribadi adalah keluarganya. Sebagai keluarga, akan ku dukung terus. Maju Sheila!

8 comments:

  1. Wah, penggemar Sheila on 7, nih! Ada temannya. Tapi entahlah, karena terlalu banyak band atau artis pendatang baru, aku jadi tidak peduli perkembangan music, termasuk album baru Sheila on 7.

    Terima kasih sudah berbagi informasi....:)

    ReplyDelete
  2. sip, mereka platinum lagi... entah brapa standar platinum sekarang, hehe

    ReplyDelete
  3. saya sudah dengar semuanya, emang mantabs bro..!

    ReplyDelete
  4. asiik ada album baru..sipp thax infonya bos mantab ni

    ReplyDelete
  5. dah platinum lho albumnya... :D

    ReplyDelete
  6. boss ane juga penggila sheila... denger nie album serasa kembali ke masa sd dlu... serasa ga asing d kuping boss...
    nice review...

    ReplyDelete
  7. bener bro :D ga asing di kuping, seperti dulu lagi... kembalilah sheila!

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar sebagai name/url, dan tulis namamu disana...

They Said...

“Jangan menjadi orang ketiga di artikelmu. Jadi pemeran utamanya. Karena orang masuk ke sini ingin merasakan menjadi dirimu, dengan membaca artikelmu..." (Maha Dwija Santya)


“Jangan bikin kepalamu jadi perpustakaan..” (Svami Vivekananda & Bung Karno)

Persetan dengan uang, traffic, populer, dkk! Blog ini hanya tempat pribadiku untuk berteriak"

“suatu saat nanti, saya akan baca blog ini lagi dan berfikir: ini yang saya pikirkan saat itu..."

Komentar Terbaru

Here're My Friends!

Ikuti Blog Ini...