Film Cars, Soundtrack-nya, dan Jembrana! - Nasionalis Rock n Roll

Sunday, May 22, 2011

Film Cars, Soundtrack-nya, dan Jembrana!

(ini adalah resensi film paling tidak biasa, dan cenderung tidak normal)


Every single musician di bumi ini ingin menyampaikan isi hatinya. Tapi isi hati yang bagaimana yang akan sampai ke hati pendengarnya?

Bung Karno -percaya atau tidak- telah memberi tips mumpuni!

Janganlah menjejalkan ide baru, tapi suarakan apa yang memang ada di hati orang-orangmu. Jadilah penyambung lidah mereka, menyampaikan apa yang mereka enggan tuk rasakan, apalagi ucapkan. Dengan begitu, kau akan hidup di hati mereka. Mereka akan bersorak-sorai saat kau berorasi, dan akan termenung diam merasakan emosi lagu yang menjeritkan isi hati mereka, saat kau bernyanyi.

Dan, musik apa lagi yang bisa melakukannya lebih baik daripada soundtrack film?

Hatimu tersipu pedih mendengar suara Celine Dion dengan My Heart Will Go On-nya, bukan? Berapa darimu yang benar-benar paham lirik lagu itu? Tapi meski kau tak pernah paham betul liriknya, kau tetap merasa tau akan rasa dari lagu ini; rasa cinta, rasa kehilangan, tapi menghangatkan. Itulah hebatnya soundtrack yang terintegrasi dengan film, dan akhirnya mengintegrasi hatimu. 

Mengapa Celine Dion mampu membuatmu begitu? Mates, itu karena ketiga faktor di Titanic ini, musik-nya, film-nya, dan hati-MU bergetar pada gelombang rasa yang sama!

Getaran itulah yang kurasa pada lagu ini... :)




"...video clip yang paling pas dengan suasana lagunya..."
Cars!
Sebuah film animasi sederhana, namun mampu membuat kita bertanya pada diri kita sendiri tentang sebuah pertanyaan paling sulit bagi kita, manusia yang tengah hidup di era serba kapitalis materialistis yang ambisiusisme ini. Pertanyaan itu adalah; "apa yang kau cari dalam hidupmu?"

Yeah, film ini memang deep, dan sountrack (yang berada pada getaran emosi yang masih sama) ikut memberi rasa itu buatku. Lagu yang terngiang lama, dan membuatku diam tanpa senyuman. Dalam sekali kurasakan...


Lirik lagunya...
"Find Yourself"
by Brad Paisley

When you find yourself in some far off place
and it causes you to rethink some things
You start to sense that slowly you're becoming someone else
And then you find yourself...

When you make new friends in a brand new town
and you start to think about settling down
The things that would have been lost on you 
are now clear as a bell
And you find yourself,
yeah that's when you find yourself

Well you go through life
so sure of where you're heading
And you wind up lost
and its the best thing that could have happened
Cause sometimes when you lose your way, its really just as well
because you find yourself,
yeah that's when you find yourself.

When you meet the one, that you've been waiting for
and she's everything, that you want and more
You look at her and you finally start to live for someone else
And then you find yourself,
yeah that's when you find yourself

We you go through life
so sure of where we're headed
And we wind up lost
and its the best thing that could have happened
Cause sometimes when you lose your way, its really just as well
Because you find yourself,
Yeah thats when you find yourself.
Sumber: klik disini


find ur self,
temukkan (the real) dirimu...

Saat kita mendadak merasa asing di tempat kita berada sekarang, pikiran kita bertanya lagi tentang hal-hal yang sebelumnya tak kita hiraukan. Mulai, kita merasa sedikit demi sedikit berubah, pelan-pelan menjadi orang lain. Menjadi orang lain yang kita sendiripun merasa asing. Saat itulah kita sedang menemukan siapa dirimu.

Apa yang membuatmu berubah? 

Banyak! 
Tempatmu sekarang, lingkunganmu sekarang, pencapaianmu, kekalahanmu, semuanya! Hal-hal yang dulunya menghangatkanmu, yang kini menghilang pelan-pelan namun tak pernah kau hiraukan itu mulai terasa jelas. Teman kecil dengan kejujuran persahabatannya yang dulu selalu kau miliki, kota kecil dengan orang-orang ramahnya yang dulu kau hidupi, berganti dengan segala kapitalis materialistis yang serba ambisiusis kini.

Don't u just miss that?

And yes, I miss that!


Itulah yang dirasakan sang porsche biru di film. Okey, film ini memang mengajakmu mengingat hal-hal kecil itu lagi. Kau punya sebuah tanah yang hangat, ur small town dengan orang-orang sederhananya. Seberapapun keras kini kau berlari, seberapapun yakin mu kini dengan track larimu, ingatlah selalu rumahmu, tempat dimana semua hal kecil itu ada -hal kecil yang menghangatkan- :) 

Itulah rumahmu!
Dan mendadak kau akan merasa menjadi seorang Lightning McQueen, sang angkuh yang punya sejuta ambisi mencari kejayaan dan kilau prestise namun kemudian tiba-tiba merasakan kehangatan di sebuah kota sederhana Radiator Springs, kehangatan di antara para ladies and gentlecars di Route 66, sebuah town yang terlupakan arus jaman modern. Ini sebuah TOWN, dan bukan CITY. 


Itulah panggilan hati, dan kau akan berjuang demi orang-orang sederhana ini. Keangkuhan, materialitas, ambisiusisme seorang McQueen pun akan mengakui getaran itu, karena itulah yang sebenarnya sedang berteriak di hatinya. Ya, sesuatu yang lama-kelamaan membuatmu berubah menjadi orang lain. Jangan kau jadikan materi dan ambisi jadi cahaya jauh di ujung jalan yang sedang kau kejar. Berjuanglah demi orang-orang sederhana di rumahmu. Jangan mengejar thropy, itu hanyalah cup kosong yang tak ada artinya dibandingkan dengan rumahmu, orang-orangmu, dan segala kehangatannya, seperti pesan Doc Houdson, sang pahlawan yang dilupakan dunia di film ini.

Radiator Springs bagi sang Porsche, bagi Lightning, bagi Doc Houdson, Mate, dan semuanya adalah sama saja dengan Jembrana bagiku. Jembrana adalah Radiator Springs-ku, tempat semua hal-hal kecil yag tak boleh terlupakan, dan aku harus bisa memberi sesuatu untuknya. Jembrana akan selalu menjadi town yang hangat dan ramah untukku. Itu menguatkan kembali cita-cita muluk ku, cita-cita yang harus selalu dijaga agar apinya tetap menyala. :$

* * *
Anyway...

Fyuh... tulisan ini jadi menyimpang lagi :x . Seharusnya bicara lagu tapi malah jadi kemana-mana. Tapi memang itulah lagu bagiku. Ia tak pernah berdiri sendiri, selalu berangkai bersama dengan ikatan emosi, ikatan waktu, peristiwa, perasaan, dan semuanya. I love music! 

Dan tentang lagu ini, kau bisa anggap aku terlalu bombastis romantis. You may say I'm a dreamer, but I'm not the only one.... lihat ini:

"... It brings me back to the right road. Thank You Brad. I became a no-lifer pc games player, even if I am programmer. My grades at school gone bad, even if I was very good student. I heard the song about half year ago and I liked it very much. But I listened to the words only this night. And it coused me 'to rethink some things'. I hope in the morning I will think the same. Thanks again Brad. I will buy your album! You changed my life. If I will 'meet the one, that I am waiting for' and will marry her (hope this will happen...), at our weddings I will sing 'find your self' for her. Thank you one more time..." (Dovydos)

"... This song is awsome! It makes me rethink of everything I did..." (Dwayne Frank)

"... I've ner weard this song before, it was untill I watched CARS and the I heard it, and It goes perfect to the situation I'm living right now. Its so true, it's not untill you finally find the person you love and wanna be with 4 the rest of your life, and if it wasn't because you or the other person found yourself in another place, and met new friends and new people, you could've nerver found that special someone if it wasn't for the actual circumstances..." (Senorita)

dan.... ini komentar yang paling ku suka:
"... This song really speaks to your heart. It helps you think about what's important in life :$..." (Anonymous)

Bila kau sama denganku, sama dengan orang-orang sederhana di Radiator Springs, serasa dengan Lightning McQueen, film ini ada untukmu. Kau akan mengingat kembali Radiator Springs-mu, segala hal kecil disana, dan man.... tak ada yang lebih menghangatkan dibandingkan hal-hal sederhana itu... ;)

Enjoy dan feel the movie, mates! Sebuah film luarbiasa!
* * *

(diketik sambil merasa tiba-tiba ingin pulang...
... to my hometown: JEMBRANA!
  :D miss u much, Town!) 

7 comments:

  1. T__T

    saya juga mas.
    saya suka sekali lagu ini. Ga perlu 2 kali atau berkalikali dengar untuk suka..

    ReplyDelete
  2. Artikel ini luar biasa.
    Pasti sangat luar biasa untuk yang sudah nonton film CARS + baca artikel ini.
    Aku belum nonton film CARS, dapet poinnya, tapi jadi ga optimal.

    Saran Pribadi:
    Artikel ini sangat keren, tapi aku jadi tidak merasakan bahwa ini milikmu.

    Aku ingin sesuatu yang . . . .
    "ah, artikel ini adalah milik Dewa, Dewa Banget"

    dapet maksudku?

    hmmm. mirip kayak festival band waktu ulangtahun SMA kita. Semua bermusik, tapi belum tentu dapet soulnya.
    Semua penikmat musik sekolah kita pasti setuju kalau "Everything to Me" itu adalah NEMO.
    Everything to Me ga bisa lepas dari NEMO

    Dan yang paling nyata "Tembang Balu" oleh Don Cry, itu sangat milik kalian.

    Bangunlah rasa itu dalam artikelmu.

    Jangan menjadi orang ketiga di artikelmu.
    Jadi pemeran utamanya.
    Karena orang masuk ke sini ingin merasakan menjadi dirimu, dengan membaca artikelmu.

    Biarkan orang itu sendiri yang mencari tahu sendiri tentang CARS,
    disini aku ingin melihat CARS dari sudut pandangmu.
    Bagaimana film itu sampai mempengaruhi hidupmu, bukan sebuah resensi film.


    Sehingga sehabis membaca artikelmu.
    "FUCK, Dewa telah membuatku harus menonton langsung CARS"

    Sekali lagi ini pendapat pribadi


    Tapi untuk artikel ini aku beri nilai 89 :)

    ReplyDelete
  3. thx mate... yeah... kadang2 aku merasa seperti berkpribadian ganda, suka bercakap sendiri, mungkin kerangka karangan masih diperlukan, haha

    anyway, damn... terselip lagi. Belum bisa memisahkan gaya editorial dengan blog :x ahh... damn damn, blog seharusnya jadi kacamata paling personal.. ku malah menulis sebagai wartawan,,, oke akan kuingant!!!

    ReplyDelete
  4. lagu yang keren dalam film yang super keren,,

    ReplyDelete
  5. semakin eksis gen blog ne

    ReplyDelete
  6. gan minta tolong di beritau judul lagu sama penciptanya lagu yang saat MCqueen berdansa sama sally di jalanan radiator springs pas malam hari yang saat sebelum MCqueen di jemput sama Mack dan kameramen??

    plisss

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar sebagai name/url, dan tulis namamu disana...