Blogger Widgets

DewaCakrabuana

"... demi Bung Karno, Jembrana, dan Rock n Roll!"

Jembrana | Scene & Kultur Musiknya


Jembrana adalah gudangnya musik indie Bali (setelah KUTA tentunya)
Kesannya narsis juga ya, membangga-banggakan kabupaten sendiri, he...
Apa alasannya?!

Pertama, disinilah lahir Eka Rock, penggaruk bass Superman Is Dead. Kedua, disini lahir Negara Rocks Record. Ketiga, Negara Rocks Record ini mengandung berbagai jenis musik. Punk, emocore, metal, rock lawas, rockabilly, bahkan di audisi Negara Rocks 2 telah lolos band bergenre powerpop synth! Sungguh manis, Sementara Pee Wee Gaskins dihujat diluar sana, disini synth dihargai betul, dan aku bangga karenanya.
Yeah!!!

Hmm.... tunggu dulu!
Padahal Jembrana terletak di ujung pulau Bali, yang jauh dari hingar-bingar bar Kuta. Bahkan Jembrana di Google Earth dan Google Maps tidak di-render :x , mungkin dianggap tidak penting! (kecuali Bing Maps, atap rumah saya kelihatan sedikit :D ). And the big question is: Kenapa musik bisa begitu bersemi disana?

Simpel saja..,

pemuda Jembrana lebih berani show off, tak ragu-ragu buat menunjukkan diri! Di sepanjang taman kota lihat saja mereka. Segerombol punkers lokal dengan atribut lengkap khas anti kemapanan; sekelompok gank pencinta Living End dan Suicidal Sinatra dengan kemeja rockabilly-nya; para lowrider dengan kostum kebanggaan outSIDers berseliweran dijalan! Wah ramai! Ini belum termasuk muda-muda memacu skateboard-nya dan orang-orang tua berbaju kuning berlatih falun dafa mengelilingi TOA sambil memejamkan mata. Semarak, beragam, dan pastinya berbhinekka! 

Sementara aku??? 

Wah hanya berpakaian biasa saja :D . Tapi pastikan, tiap ada konser lokal, genre apapun, aku nongol disana jadi penikmat setia.

Karena kabupaten ini juga tidak luas, maka otomatis nyaris semua pelaku musik disini saling kenal. Bahkan berteman! Rekan punkers akan dengan santai bercakap ngarol-ngidul dengan para outSIDer maupun rockabilly-ers, karena mereka semua teman. Suasananya sangat berbeda dengan para fanatis aliran musik diluar sana yang cenderung anarkis, memandang rendah dan jijik selain terhadap kaum sesama alirannya :x . Meminjam istilah JRX SID, mereka ini bermusik dengan fasis!

Bahkan banyak yang memiliki band beraliran metal yang terpandang di Jembrana, terang-terangan menyatakan menikmati genre lain, dan membentuk band beraliran powerpop synth ala Pee Wee (sementara kita tahu lah, diluar sana banyak orang berbaju hitam gaya metal yang gemar menimpuki PWG). Seperti personel Kogoro Mouri yang juga anggota Rocket In My Pocket -sang band powerpop- karena memang dia gemar musiknya. Hanya musik yang bicara, suka ya tunjukan, kalau tidak ya dukung saja sebagai teman. As simple as that!

Pokoknya bro, iklim musik disini Great!!! :$ 

Karena respect itulah, band-band berbagai aliran hidup bertetangga di  Jembrana ini. Bad Generation, Punk Fat Riot, Last Kiss Luffy, Comet, Fame Zero dan sebagainya yang teguh di area punk dan melodic. Dying In Peace, Kogoro Mouri, Ugly Juliet dan berandal-berandal lain yang tetap meneriakkan pelampiasan khas anak! Recent Status, Glam Lover, the-powerpop-kid Rocket In My Pocket, dan banyak band lain lagi tetap asik menjadi dirinya sendiri...
dan karena itu mereka jadi khas!

Siapa yang membakar api agar kultur rock n roll musik Jembrana agar tetap membara?


Tidak lain, tidak bukan, orang itu adalah Eka Rock, alias Eka Arsana, sang bassist Superman Is Dead. Disinilah terasa persaudaraan itu, dimana Eka tak melupakan Jembrana, tempat dimana ia dibesarkan, tempat semua harapan berawal, dan tempat adik-adiknya yang membutuhkan cahaya dari lilin untuk dapat menerangi belantara musik kejam yang ingin mereka jajal.


Hell no!
Eka Rock membawa lilin?
Lilin itu terlalu manis! Bagaimana kalau Eka Rock membawa belati saja yang menerangi jalan bagi tunas-tunas rok n roll Jembrana? Baik, sepakat, dan voilaa... jadilah logo Negara Rocks Record yang ada di awal postingan ini. Dan ya, itu wajah Eka ;) .

Intinya, apapun musik kita atau mereka... saling SUPORT dan RESPECT lah kepada sesama pecinta musik, karena selera orang tak dapat dipaksakan, apalagi dihancurkan.


Nantikan cerita dari Negara Rocks City lainnya! Dan ingat selalu pesan dari Bli JRX berikut ini:
"... bhinneka tunggal ikka, in rock n roll ways...", jrx SID

11 comments:

  1. semoga proyek ini ada lagi..

    hidup Jembrana, Negara Rock City.

    ReplyDelete
  2. kompilasi negara rock city emang membara dan membakar.... dirindukan masyarakat nih :D

    ReplyDelete
  3. Ko aku kayak de ja vu ya? apakah ini rekondisi?

    ReplyDelete
  4. rekondisi gan... blog lama, trickstory mau dihapus soale... biar gag ilang tulisan sang pelopor ini.. :$

    ReplyDelete
  5. salam rock n roll, walau aku dari denpasar, memang aku akui negara dan tabanan memang top dalam bermusik, terutama musik rock..

    ReplyDelete
  6. sip... bersama2 dengan denpasar yang memimpin pergerakan dengan menyajikan kesempatan tampil dan inspirasi2 :) ...

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar sebagai name/url, dan tulis namamu disana...

They Said...

“Jangan menjadi orang ketiga di artikelmu. Jadi pemeran utamanya. Karena orang masuk ke sini ingin merasakan menjadi dirimu, dengan membaca artikelmu..." (Maha Dwija Santya)


“Jangan bikin kepalamu jadi perpustakaan..” (Svami Vivekananda & Bung Karno)

Persetan dengan uang, traffic, populer, dkk! Blog ini hanya tempat pribadiku untuk berteriak"

“suatu saat nanti, saya akan baca blog ini lagi dan berfikir: ini yang saya pikirkan saat itu..."

Komentar Terbaru

Here're My Friends!

Ikuti Blog Ini...